https://sukiyahedlin.blogspot.com/

Selasa, 13 April 2021

Puasa hari pertama


 



Puasa hari pertama  alhamdulillah berjalan lancar. Diawsli sholat taraweh di majelis  kobong Al- Jufri .   Majelis ibu2 jamaahnya dari warga sekitar. 
Umi sedang sakit .  imam taraweh  teh yayang murid umi yg rajin.  Umi mendampingi duduk di kursi . Jadi bilalnya.  Semoga umi cepet disembuhkan penyakitnya .   Setelah taraweh kangen- kangenan sama umi lama ngga berjumpa .  Hampir setahun semenjak corona.   Pulangnya diantar santri. 
Saur pertama nikmat sekali .  Masakan spesial  kuhidangkan untuk keluarga tercinta. Walaupun ngga lengkap karena 2 putriku puasa di pondok dan ditempat pkl. 

Senin, 12 April 2021

Hujan Barokah




Hujan Barokah !

Pagi ini   udara di mauk  tidak seperti biasanya yang panas . Alhamdulillah  dari semalaman  sudah diguyur hujan cukup deras sampai pagi ini gerimispun masih  menyelimuti  kota mauk.   Kena siraman air hujan tanamanku kelihatan lebih segar. Pohon cabai, jambu biji, mangga , sawo. Lagi pada berbuah  semoga tambah lebat lagi buahnya ya ... 
 Dari pagi aktifitss seorang IRT alhamdulillah sudah kelar. Dari nyuci piring, nyuci baju beberes rumah.  Dan banyak PR yang harus diberesi  hari lni juga.  Semoga semuanya  memberikan keberkahan dalam hidupku. Aamiin Ya Robbal'Alamiin
 Waktunya sholat dhuhur   ....   



KAPAN  MAU MUDIK  LAGI ?

Apa itu mudik , semua orang pasti tidak asing  denger kata mudik . Apalagi bagi para persntau sepertiku kini.   Mudik adalah  Wajib  terutama  saat lebaran . Itu dulu . Untuk saat ini mudik lebarsn sepertinya ngga lagi bisa   kita lalui lagi.  Pemerintah sudah melarang warganya untuk mudik dengan dalih  takut terjadi penularsn virus corona '19. 
Menyiasati hal ini maka banyak yg mudik duluan  sebelum waktu pelarangan . Seperti adikku bersama istrinya  yang ASN  di  kesehatan  sengaja ambil cuti   duluan  . Sore ini beramgkat  bersama anak2 nya  dan ibu mertua.    Semoga perjalanan lancar. Selamat sampai bertemu sama ortu dan saudara di kampung  tersayang.  Dan pulang lagi ke kronjo tetap  sehat  dan semangat   , Maafkan mbayumu  ini ngga  bisa ikut  bareng mudiknya. .  Gantian aja   ya ........... 

Minggu, 11 April 2021

Ide Menulis Bagi Guru


 

  • PELATIHAN BELAJAR MENULIS 
  • Tanggal pertemuan:  Senin, 7 april 2021
  • Resume ke 2  Gelombng 18
  • Tema            :  Ide Menulis Bagi Gur
  • Narasumber :  Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd.



 Ide Menulis Bagi Guru




Pertemuan kedua Pelatihan belajar menulis dipandu oleh bapak Bambang Purwanto atau Mr. Bams. Sebelum mulai kegiatan  beliau memberikan arahan tatacara  aktivitas harian  bagi peserta. Narasumber malam ini yaitu  Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. atau biasa dipanggil dengan Om jay guru Blogger Indonesia. Sosok yang sangat piawai sekali dalam dunia tulis menulis
 
Materi yang dibawakan kali ini adalah pentingnya ide menulis bagi seorang guru. Ide menulis itu datang dari mana saja dan bertebaran di depan mata kita . Namun bagi kita yang belum terbiasa menulis  terkadang masih belum siap untuk menuliskannya.  
 
Sumber ide yang  paling enak ditulis adalah diri kita  sendiri dan bisa datang dari orang lain. Tapi bisa juga yang ada didepan mata kita. Semuanya bisa dijadikan ide dalam menulis. Tuliskan saja apa yang sedang kita  kerjakan dan mulailah menulis dari apa yang dirasakan. Gunakan panca indera untuk mengembangkan tulisan menjadi lebih enak dibaca. 

Contoh yang paling mudah adalah menceritakan diri sendiri dan kisah nyata dalam bentuk tulisan. Sebab hanya kita yang mengalaminya. Jadi lancar sekali bila dituliskan. Tak ada beban karena kita menulis apa yang sudah dikerjakan. Dari mulai bangun tidur sampai tertidur lagi. Kita menulis dari sesuatu yang tidak penting menjadi penting. 

Ide menulis juga bisa dari orang lain. Misalnya dari  kepala sekolah, rekan guru,  peserta didik, tetangga dekat kita dan juga bisa dari keluarga kita . Semua bisa ditulis kalau kita peka dengan keadaan sekitar kita. Tapi perlu diingat apa yang kita tuliskan itu   yang baik-baiknya . 

berikut beberapa tanggapan   omjay pada sesi tanya jawab yang  bisa menginsipirasi kita menjadi penulis  dengan baik :

  • Biasakan diri untuk membaca dan blog walking                                                          Dengan banyak membaca dan mengunjungi tulisan orang lain .kita akan menemukan hal baru, ide-ide  baru. Sehingga kita akan menemukan gaya atau cara kita dalam men

  • Menumbuhkan rasa percaya diri untuk menulis. memang tidak  mudah. Tapi dengan sering kita berlatih untuk menulis maka percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya.                     

  • Selalu memotivasi diri untuk selalu rajin menulis. terkait bagaimana hasilnya tulisan kita maka kita tetap bersemangat. Jangan pantang menyerah serta berputus asa

  • Ikuti kegiatan yang melatih diri kita untuk terampil menulis.  Jangan pernah berhenti untuk belajar menulis sehinga kita bisa membuat tulisan yang luar biasa dan mampu menginspirasi  orang lain.

  • Berpikir positif terhadap kritikan dan saran yang diberikan pada tulisan yang kita buat sehingga kita bisa belajar dan berbenah diri untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca
Demikianlah hasil kuliah malam ini  semoga ilmunya dapat kita pahami dan aplikasikan dalam proses menjadi penulis yang baik.  Ide-ide yang ada di sekitar kita .dapat kita manfaatkan menjadi sebuah karya tulisan yang baik.

 SALAM LITERASI  

Salam Blogger Indonesia

 

Senin, 05 April 2021

kepedulian yang sering terabaikan.

Pagi ini ku disadarkan oleh tulisan ibu shafira guru SD dari aceh.  Selama ini  banyak sekali  orang 2 yg sangat berarti dalam perjalanan hidupku . Tapi  perlakuan ku biasa biasa  saja.  Malah kadang kita ngomel dan banyak sekali perlakuan kasar yg tidsk mengenakkan.  
Ys Allah.....  Maafkan hambamu ini  yang selama ini blm banyak bersyukur kepadamu . Padahdl sdh diberikan rizqi yg  lebih ku Allah . Itu semua ada jugs rizqi dari mereka   terimakasih anak-anak angkatku  . Tanpa kalian ibu ternyata ngga berarti apa-apa.   Kalian sudsh membantu ibu dsri urussn kebersihan  , transportasi  dan  membantu tugss2 ibu  terutama yg berkaitan dg IT.   Kalian srmua siap siaga terus. .  Maafkan ibu mu ya nak selama ini belum biss memberikan apa-apa pad kalian.  Ibu hanya bisa berdoa semoga keikhlasan kalian selama ini   akan mengantarkan diri kalian menjadi orang-orang yg sukses dunia maupun akhirat . Aamiin ya  Robbal'Alamiin. 

Sujud Syukurku





SUJUD SYUKURKU YAA ROBB


Ya Allah bimbing hambamu ini untuk selalu bersyukur.    
Dalam setiap sujudku  tak lupa ku selalu bersyukur kepadamu Yaa Robb.  
Syukur atas nikmat hidup yang sudah engkau berikan selama ini. 
Nikmat sehat , nikmat  rizki yang engkau limpahkan kepadaku dan keluarga . 
 Dan banyak sekali nikmat-nikmat yang lain yang ngga terhitung . 
Ya Allah  ampuni hambamu ini yang masih suka lalai terhadapmu .   
Yaa Allah yaa Robb. Bimbinglah hambamu ini untuk selalu bersyukur  kepadamu . 

Minggu, 28 Maret 2021

Pengalaman Guru di Masa Pandemi



Pengalaman Guru di Masa Pandemi


Pengalaman meluncurkan soal PAT PPKn di media PORTADIK
Media portadik sudah digunakan di sekolah kami dari tahun 2018.pada awalnya di sekolahan kami menggunakan kertas ulangan .  tahun ini dibawah pimpinan ibu Hj. Cucu Waryamah S.Pd. M.Pd sebagai PLt. kepala sekolah. beliau sangat perfek sekali. berusaha membawa SMAN 2 kab. Tangerang ini menjadi lebih maju lagi. beliau memperkenalkan sistem pembelajaran yang berbasis IT. ke semua guru2 . terutama guru2 LOLITA sepertiku. Sekolah kami adalah sekolah tertua kedua di kabupaten tangerang . Mayoritas gurunya sudah LOLITA ( lolos lima puluh tahun) .Ini merupakan tantangan besar untuk kita  guru2  disini. kenapa? harus banyak  bertanya ama guru2 muda . alhamdulillah dengan kesabaran dan ketelatenan  bisa kita ikuti dengan baik. 
ternyata diawal aja kita report untuk selanjutnya menjadi terbiasa , dilanjutkan dengan E-Raport  wah sangat2 menantang sekali. . sebagai wali kelas  terbantu sekali dengan adanya penggunaan IT dalam pengolahan nilai dan administrasi  saat ini
Ada banyak hikmahnya  dengan adanya kondisi pandemi  saat ini. Banyak kemajuan terutama dalam penggunaan media pembelajaran. .
  .  

Minggu, 31 Mei 2020

BENARKAH PEMBELAJARAN DARING SOLUSI EFEKTIF LOCKDOWN ?





BENARKAH PEMBELAJARAN DARING SOLUSI EFEKTIF DARI LOCKDOWNNYA KEGIATAN PEMBELAJARAN?









Sejak surat keputusan dari menteri pendidikan dan kebudayaan terbit mengenai upaya pencegahan dan penyebaran Corona, semua kegiatan pembelajaran konvensional mulai diliburkan sementara waktu. Kegiatan pendidikan berasa mengalami lockdown. Sistem pembelajaran konvensional yang dilaksanakan oleh sebagian guru perlahan terkikis dan tergantikan dengan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dapat memberi ruang interaksi langsung antara guru dengan siswa tanpa harus bertemu langsung.

Guru, siswa, bahkan orang tua dipaksa untuk beradaptasi secara cepat dengan metode ini. Memang, di tengah situasi yang seperti ini, metode daring dirasa solusi yang paling tepat untuk dilakukan. Meski sekolah diliburkan, tetapi tuntutan dalam proses pembelajaran masih dapat terlaksana dan tercapai. Namun, jika dalam kondisi normal, banyak celah kekurangan dari metode daring ini.

Minimnya pengetahuan teknologi guru, siswa dan orang tua menjadi salah satu permasalahan pengaplikasian metode daring ini. Meskipun sebagai guru harus selalu memperkaya dan mengupgrade keilmuan, tetapi diminta untuk beradaptasi dan menguasai berbagai aplikasi yang mendukung  pembelajaran  daring dengan cepat tidaklah mudah. Tidak hanya guru, siswapun demikian. Mungkin untuk siswa-siswa SMP, SMA atau SMK, mempelajari dan menguasai aplikasi daring ini dengan cepat, dapat dilakukan. Tetapi untuk para siswa SD, hal ini dirasa cukup sulit dilakukan. Akhirnya, mau tidak mau orang tua diminta untuk terlibat dalam pembelajaran daring ini. Orang tua dengan latar belakang pendidikan yang tinggi akan dengan mudah beradaptasi. Sementara orang tua dengan latar belakang pendidikan rendah, akan pasrah-pasrah saja jika putra putrinya selama berminggu-minggu tidak dapat mengikuti proses pembelajaran, bahkan tidak mendapat nilai. Bagaimana tidak, mereka mungkin tidak hanya gagap akan teknologi, bahkan bisa sampai  buta teknologi. Bahkan ada pula siswa yang terkendala tidak memiliki alat komunikasi yang memadai dikarenakan kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu.

Lebih lanjut, lemahnya jaringan internet juga dirasa menjadi kendala yang sering dialami oleh para guru. Hal ini terutama bagi guru dan siswa yang tinggal di daerah pedesaan atau pedalaman, akan sangat sulit untuk mendapatkan akses internet. Padahal, ini merupakan salah satu faktor penting terlaksananya pembelajaran daring.

Latar belakang siswa juga perlu diperhatikan sebelum diberlakukannya metode daring ini. Tidak semua siswa berasal dari keluarga dan lingkungan yang baik-baik saja. Terdapat siswa yang berasal dari anak-anak broken home, lingkungan tempat tinggal yang sangat tidak mendukung (sebagai contoh tinggal di pemukiman yang banyak preman, banyak peminum), serta anak-anak dari keluarga yang kurang mendukung kegiatan pendidikan. Hal ini akan menjadi tantangan sangat berat bagi guru jika ingin mengaplikasikan metode daring ini. Tentunya guru akan bekerja ekstra keras agar siswa mau mengikuti model kelas daring ini. Padahal saat pembelajaran konvensional saja, tidak banyak dari siswa spesial ini yang mau memperhatikan dan berkontribusi saat pembelajaran, mereka sudah mau bersekolah saja, sudah sangat bersyukur.

Pembelajaran konvensional meski dirasa kuno, namun tetap memiliki kelebihan tersendiri. Psikologi siswa akan terbentuk jika siswa bertemu langsung dengan gurunya. Mereka bisa mengingat gaya mengajar gurunya dan akan sangat diingat di pikiran mereka karena mengajar tidak hanya untuk mendapatkan ilmu tetapi lebih kepada pembentukan karakter. Hubungan emosional antara guru dan siswa yang terbentuk selama pembelajaran konvensional akan sangat membantu bagi keberhasilan siswa.

Meskipun ada banyak aspek yang perlu diperhatikan pada saat penerapan metode daring, metode ini juga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya guru dan siswa akan semakin melek teknologi dan mengikuti perkembangan jaman, kegiatab pembelajaran tidak terbatas pada waktu dan tempat, sumber pembelajaran juga tidak terbatas hanya pada guru tetapi dari sumber lain, kreatifitas dan kekritisan siswa akan semakin keluar, guru akan semakin kreatif menggabungkan berbagai macam media ajar online, guru tidak lagi terbebani dengan koreksi tugas siswa secara manual, serta penggunaan kertas akan semakin berkurang karena teralihkan melalui aplikasi online.

Pada akhirnya, di setiap metode pembelajaran memang terdapat kelebihan dan kekurangan. Namun sudah menjadi tugas guru untuk menentukan metode, gaya ataupun teknik mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa yang didampingi. Karena kembali lagi, Teaching is an art,,Mengajar adalah sebuah seni untuk pembentukan karakter, kreatifitas, kekritisan, dan sifat kepedulian siswa. Tidak hanya terfokus pada penyampaian ilmu saja.








BLOG Belajar Menulis

Menulis Resume Untuk Jadi Buku

PELATIHAN BELAJAR MENULIS Pertemuan Ke 6 Gelombang 18 Jumat, 16 April 2021 Pukul 13.00 WIB Tema : Menulis Resume untuk Jadi Buku Narasumber ...

BLOG Belajar Menulis