https://sukiyahedlin.blogspot.com/
Selasa, 13 April 2021
Puasa hari pertama
Senin, 12 April 2021
Hujan Barokah
Minggu, 11 April 2021
Ide Menulis Bagi Guru
- PELATIHAN BELAJAR MENULIS
- Tanggal pertemuan: Senin, 7 april 2021
- Resume ke 2 Gelombng 18
- Tema : Ide Menulis Bagi Gur
- Narasumber : Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd.
Pertemuan kedua Pelatihan belajar menulis dipandu oleh bapak Bambang Purwanto atau Mr. Bams. Sebelum mulai kegiatan beliau memberikan arahan tatacara aktivitas harian bagi peserta. Narasumber malam ini yaitu Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. atau biasa dipanggil dengan Om jay guru Blogger Indonesia. Sosok yang sangat piawai sekali dalam dunia tulis menulis
Materi yang dibawakan kali ini adalah pentingnya ide menulis bagi seorang guru. Ide menulis itu datang dari mana saja dan bertebaran di depan mata kita . Namun bagi kita yang belum terbiasa menulis terkadang masih belum siap untuk menuliskannya.
Sumber ide yang paling enak ditulis adalah diri kita sendiri dan bisa datang dari orang lain. Tapi bisa juga yang ada didepan mata kita. Semuanya bisa dijadikan ide dalam menulis. Tuliskan saja apa yang sedang kita kerjakan dan mulailah menulis dari apa yang dirasakan. Gunakan panca indera untuk mengembangkan tulisan menjadi lebih enak dibaca.
Contoh yang paling mudah adalah menceritakan diri sendiri dan kisah nyata dalam bentuk tulisan. Sebab hanya kita yang mengalaminya. Jadi lancar sekali bila dituliskan. Tak ada beban karena kita menulis apa yang sudah dikerjakan. Dari mulai bangun tidur sampai tertidur lagi. Kita menulis dari sesuatu yang tidak penting menjadi penting.
Ide menulis juga bisa dari orang lain. Misalnya dari kepala sekolah, rekan guru, peserta didik, tetangga dekat kita dan juga bisa dari keluarga kita . Semua bisa ditulis kalau kita peka dengan keadaan sekitar kita. Tapi perlu diingat apa yang kita tuliskan itu yang baik-baiknya .
berikut beberapa tanggapan omjay pada sesi tanya jawab yang bisa menginsipirasi kita menjadi penulis dengan baik :
- Biasakan diri untuk membaca dan blog walking Dengan banyak membaca dan mengunjungi tulisan orang lain .kita akan menemukan hal baru, ide-ide baru. Sehingga kita akan menemukan gaya atau cara kita dalam men
- Menumbuhkan rasa percaya diri untuk menulis. memang tidak mudah. Tapi dengan sering kita berlatih untuk menulis maka percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya.
- Selalu memotivasi diri untuk selalu rajin menulis. terkait bagaimana hasilnya tulisan kita maka kita tetap bersemangat. Jangan pantang menyerah serta berputus asa
- Ikuti kegiatan yang melatih diri kita untuk terampil menulis. Jangan pernah berhenti untuk belajar menulis sehinga kita bisa membuat tulisan yang luar biasa dan mampu menginspirasi orang lain.
- Berpikir positif terhadap kritikan dan saran yang diberikan pada tulisan yang kita buat sehingga kita bisa belajar dan berbenah diri untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca
Demikianlah hasil kuliah malam ini semoga ilmunya dapat kita pahami dan aplikasikan dalam proses menjadi penulis yang baik. Ide-ide yang ada di sekitar kita .dapat kita manfaatkan menjadi sebuah karya tulisan yang baik.
SALAM LITERASI
Salam Blogger Indonesia
Senin, 05 April 2021
kepedulian yang sering terabaikan.
Sujud Syukurku
Minggu, 28 Maret 2021
Pengalaman Guru di Masa Pandemi
.
Minggu, 31 Mei 2020
BENARKAH PEMBELAJARAN DARING SOLUSI EFEKTIF LOCKDOWN ?
Sejak surat keputusan dari menteri pendidikan dan kebudayaan terbit mengenai upaya pencegahan dan penyebaran Corona, semua kegiatan pembelajaran konvensional mulai diliburkan sementara waktu. Kegiatan pendidikan berasa mengalami lockdown. Sistem pembelajaran konvensional yang dilaksanakan oleh sebagian guru perlahan terkikis dan tergantikan dengan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang dapat memberi ruang interaksi langsung antara guru dengan siswa tanpa harus bertemu langsung.
Guru, siswa, bahkan orang tua dipaksa untuk beradaptasi secara cepat dengan metode ini. Memang, di tengah situasi yang seperti ini, metode daring dirasa solusi yang paling tepat untuk dilakukan. Meski sekolah diliburkan, tetapi tuntutan dalam proses pembelajaran masih dapat terlaksana dan tercapai. Namun, jika dalam kondisi normal, banyak celah kekurangan dari metode daring ini.
Minimnya pengetahuan teknologi guru, siswa dan orang tua menjadi salah satu permasalahan pengaplikasian metode daring ini. Meskipun sebagai guru harus selalu memperkaya dan mengupgrade keilmuan, tetapi diminta untuk beradaptasi dan menguasai berbagai aplikasi yang mendukung pembelajaran daring dengan cepat tidaklah mudah. Tidak hanya guru, siswapun demikian. Mungkin untuk siswa-siswa SMP, SMA atau SMK, mempelajari dan menguasai aplikasi daring ini dengan cepat, dapat dilakukan. Tetapi untuk para siswa SD, hal ini dirasa cukup sulit dilakukan. Akhirnya, mau tidak mau orang tua diminta untuk terlibat dalam pembelajaran daring ini. Orang tua dengan latar belakang pendidikan yang tinggi akan dengan mudah beradaptasi. Sementara orang tua dengan latar belakang pendidikan rendah, akan pasrah-pasrah saja jika putra putrinya selama berminggu-minggu tidak dapat mengikuti proses pembelajaran, bahkan tidak mendapat nilai. Bagaimana tidak, mereka mungkin tidak hanya gagap akan teknologi, bahkan bisa sampai buta teknologi. Bahkan ada pula siswa yang terkendala tidak memiliki alat komunikasi yang memadai dikarenakan kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu.
Lebih lanjut, lemahnya jaringan internet juga dirasa menjadi kendala yang sering dialami oleh para guru. Hal ini terutama bagi guru dan siswa yang tinggal di daerah pedesaan atau pedalaman, akan sangat sulit untuk mendapatkan akses internet. Padahal, ini merupakan salah satu faktor penting terlaksananya pembelajaran daring.
Latar belakang siswa juga perlu diperhatikan sebelum diberlakukannya metode daring ini. Tidak semua siswa berasal dari keluarga dan lingkungan yang baik-baik saja. Terdapat siswa yang berasal dari anak-anak broken home, lingkungan tempat tinggal yang sangat tidak mendukung (sebagai contoh tinggal di pemukiman yang banyak preman, banyak peminum), serta anak-anak dari keluarga yang kurang mendukung kegiatan pendidikan. Hal ini akan menjadi tantangan sangat berat bagi guru jika ingin mengaplikasikan metode daring ini. Tentunya guru akan bekerja ekstra keras agar siswa mau mengikuti model kelas daring ini. Padahal saat pembelajaran konvensional saja, tidak banyak dari siswa spesial ini yang mau memperhatikan dan berkontribusi saat pembelajaran, mereka sudah mau bersekolah saja, sudah sangat bersyukur.
Pembelajaran konvensional meski dirasa kuno, namun tetap memiliki kelebihan tersendiri. Psikologi siswa akan terbentuk jika siswa bertemu langsung dengan gurunya. Mereka bisa mengingat gaya mengajar gurunya dan akan sangat diingat di pikiran mereka karena mengajar tidak hanya untuk mendapatkan ilmu tetapi lebih kepada pembentukan karakter. Hubungan emosional antara guru dan siswa yang terbentuk selama pembelajaran konvensional akan sangat membantu bagi keberhasilan siswa.
Meskipun ada banyak aspek yang perlu diperhatikan pada saat penerapan metode daring, metode ini juga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya guru dan siswa akan semakin melek teknologi dan mengikuti perkembangan jaman, kegiatab pembelajaran tidak terbatas pada waktu dan tempat, sumber pembelajaran juga tidak terbatas hanya pada guru tetapi dari sumber lain, kreatifitas dan kekritisan siswa akan semakin keluar, guru akan semakin kreatif menggabungkan berbagai macam media ajar online, guru tidak lagi terbebani dengan koreksi tugas siswa secara manual, serta penggunaan kertas akan semakin berkurang karena teralihkan melalui aplikasi online.
Pada akhirnya, di setiap metode pembelajaran memang terdapat kelebihan dan kekurangan. Namun sudah menjadi tugas guru untuk menentukan metode, gaya ataupun teknik mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa yang didampingi. Karena kembali lagi, Teaching is an art,,Mengajar adalah sebuah seni untuk pembentukan karakter, kreatifitas, kekritisan, dan sifat kepedulian siswa. Tidak hanya terfokus pada penyampaian ilmu saja.
BLOG Belajar Menulis
Menulis Resume Untuk Jadi Buku
PELATIHAN BELAJAR MENULIS Pertemuan Ke 6 Gelombang 18 Jumat, 16 April 2021 Pukul 13.00 WIB Tema : Menulis Resume untuk Jadi Buku Narasumber ...

BLOG Belajar Menulis
-
PELATIHAN BELAJAR MENULIS Pertemuan Ke 6 Gelombang 18 Jumat, 16 April 2021 Pukul 13.00 WIB Tema : Menulis Resume untuk Jadi Buku Narasumber ...
-
PELATIHAN BELAJAR MENULIS Tanggal pertemuan: Senin, 7 april 2021 Resume ke 2 Gelombng 18 Tema : Ide Menulis Bagi Gur Naras...
-
Motivasi Menulis Setiap Hari dan Menerbitkan Buku Belajar Menulis Bersama OM JAY Pertemuan ke 5 bulan Ramadhan, Jum ’at : ...