https://sukiyahedlin.blogspot.com/

Sabtu, 18 April 2020

Mencari Ide dalam Menulis


Belajar Menulis Bersama Om Jay G.8

Materi ke  :  2
Tanggal :  31 Maret 2020
Waktu :  Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Tema :  Bagaimana Mencari Ide dalam Menulis
Pemateri  :  Bapak Agus Sampurna
Peresume :  Sukiyahiburifa (sukiyahedlin@gmail.com)





         Bagaimana Mencari Ide dalam Menulis

Materi pada pertemuan ini dibawakan  oleh bapak Agus Sampurno. Beliau adalah salah satu pemenang Guru Era Baru Acer Award tahun 2012 dan pernah bersama Omjay  (Bpk. Wijaya Kusumah) untuk mengelola blog http://guru.org.
Bersama bapak Agus Sampurna tanggal  31 Maret 2020 , peserta kuliah online belajar menulis gelombang 8 mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Sesuai dengan tema yang diberikan oleh beliau yaitu "Bagaimana mencari ide dalam menulis", Semua peserta sangat antusias melakukan tanya jawab dengan beliau. Bermula dari pemberian sebuah artikel dari bapak Agus, peserta diminta untuk mencari 3 kata kunci dari artikel yang disampaikan. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa dalam membuat tulisan dimanapun tidak lepas dari menarik minat pembaca. Utamanya dalam blog, dalam blog sangatlah mungkin jika kita terinspirasi dari orang lain. Hal ini akan membuat kita berpikir bahwa menulis itu sangatlah mudah.

           Kunci suatu bacaan menarik minat pembaca dimulai dari judul. Judul yang persuasif akan membuat pembaca bertanya-tanya tentang bagaimana isi bacaan tersebut sehingga pembaca mulai tertarik untuk membaca tulisan Anda.
Ada 5 kata persuasif yang dapat disematkan pada judul artikel anda yang dapat mengendalikan pikiran calon pembaca. Kata tersebut yaitu You (anda), Free (bebas), New (baru), Now (saat ini)atau sekarang, dan Secret (rahasia).

           Menurut pak Agus, dari 5 kata persuasif ini muncul beberapa koleksi judul yang dapat diinspirasikan, yaitu :
1. 5 cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online
2. Solusi pembelajaran daring BEBAS stres
3. Lima
aplikasi BARU untuk mengajar online
4. Aplikasi online yang Anda bisa mulai gunakan SEKARANG secara online
5. RAHASIA menjadi guru sukses mengajar secara online
Dari kelima judul diatas, peserta diminta untuk menentukan 1 judul yang mudah dan 1 judul yang sulit untuk dikembangkan menjadi sebuah bacaan.

            Pak Agus menyampaikan bahwa terdapat dua tipe tulisan, yaitu tulisan yang bersifat mengulas wacana dan tulisan yang inspiratif. Tulisan yang sifatnya mengulas wacana biasanya digunakan oleh tipe penulis di media. Sementara untuk blog, semakin anda menginspirasi maka semakin anda akan dilirik oleh calon pembaca.

           Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa bagian-bagian tulisan dalam artikel sebenarnya sama persis dengan tulisan pada umumnya. Terdapat bagian pembuka, isi, dan penutup. Akan tetapi, artikel dalam blog sebaiknya bersifat persuasif atau ajakan. Dengan demikian bagian pembuka blog sebaiknya berisi tulisan tentang sebuah fenomena yang sedang terjadi sekarang dan bagian penutup diisi dengan tulisan yang bersifat mengajak atau mempengaruhi pembaca.
 Demikian materi yang disampaikan oleh pak Agus. Sangat menarik dan persuasif.  Mulailah menjadi inspirasi banyak orang melalui tulisan. Semakin banyak anda menulis, semakin banyak ilmu anda yang tersebar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BLOG Belajar Menulis

Menulis Resume Untuk Jadi Buku

PELATIHAN BELAJAR MENULIS Pertemuan Ke 6 Gelombang 18 Jumat, 16 April 2021 Pukul 13.00 WIB Tema : Menulis Resume untuk Jadi Buku Narasumber ...

BLOG Belajar Menulis