Menulis Bersama Om Jay Gelombang 8
Pertemuan ke 13
Waktu /Tanggal : Kamis /16 April 2020
Pukul :
19.00 – 21.00 WIB
Pemateri : Bapak Aris Ahmad Jaya, DVM. M.M
Tema :
Mengajar Gaya Motivator ( MGM )
Mengajar Gaya
Motivator
Narasumber Bapak Aris Ahmad Jaya DVM.M.M
Profil Nara sumber:
Bapak
Aris Ahmad Jaya merupakan seorang motivator ,sekolah-sekolah unggul di
Indonesia , sebagai coach dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di
Indonesia. lebih dari 15 tahun menjadi motivator untuk sekolah unggul seperti .
Labschool Kebayoran, Labschool Jakarta, Sekolah Al Azhar seluruh
Indonesia , Global Islamic School Condet, Global Islamic School Serpong, dan
sekolah unggul lainnya di Indonesia.
Beliau
lahir di Pati 23 Febuari 1974,pernah diterima didua universitas di Indonesia
tanpa tes yaitu di IPB dan UGM. Aris Ahmad Jaya menyelesaikan gelar dokter
Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan meraih gelar Master Manajemen
di UIKA Bogor Tahun 2015.
Aris Ahmad Jaya merupakan pendiri sekaligus CEO dilembaga ABEco SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak dibidang Motivasi dan Konsultan bagi sekolah sekolah unggul di Indonesia serta lembaga baik pemerintah maupun swasta yang ada di seluruh Indonesia.
Aris Ahmad Jaya merupakan pendiri sekaligus CEO dilembaga ABEco SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak dibidang Motivasi dan Konsultan bagi sekolah sekolah unggul di Indonesia serta lembaga baik pemerintah maupun swasta yang ada di seluruh Indonesia.
Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan Beberapa karya buku Best
Seller diantaranya buku 30 hari mencari jati diri, yang telah terjual lebih
dari 45.000 eksemplar Love Touch Parenting, dan buku lainnya.
Beliau
telah memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah
unggul di Indonesia seperti SUKSES ILMU, SUKSES KARAKTER, SUKSES MASA DEPAN
untuk Para Siswa, LOVE TOUCH PARENTING bagi para Orang Tua serta MENGAJAR GAYA
MOTIVATOR bagi para Guru dan Pendidik. Beliau juga merupakan pendiri sekaligus
CEO di lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak di bidang motivasi dan
konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia serta lembaga-lembaga baik
pemerintahan maupun swasta yang ada di Indonesia.
Berikut mari kita ikuti
beberapa penjelasan dari beliau yang memotivasi kita agar bisa menjadi guru
yang baik, guru yang bisa diterima dan
selalu dirindukan oleh siswa siswi kita
.
A. Jenis Guru Berdasarkan Niat
1. Guru Betulan
Guru
betulan adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi seorang
pendidik, ingin mengajak dan memang dia ingin menjadi guru. Dia memilki
cita-cita menjadi guru sejak kecil. Dia menjadi idaman oleh setiap siswa
karena dia memilki energi untuk mengajar dan energi untuk bertemu denga siswa,
energi untuk mengeluarkan ilmunya untuk memajukan siswanya
2. Guru Kebetulan
Guru
kebetulan, yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar maka dia menjadi guru.
Kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu pekerjaan, maka dia melamar
menjadi guru dan kebutuhan terima. Kebetulan orang tuanya memiliki
yayasan pendidikan, dan tidak ada yang mengelola, sehingga mau tidak mau harus
melanjutkan impian orang tua akhirnya menjadi guru dan pendidik di yayasan itu.
Kebetulan ada temen yang ngajak daripada nganggur maka menjadi guru. Guru
kebetulan salah jika dia tidak mau belajar.
Kadang-kadang
guru kebetulan pun bisa menjadi guru yang menjalani kegiatan belajar
mengajar dengan sungguh-sungguh karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah
proses baik yang harus dijalankan. Guru kebetulan pun akan menjadi guru betulan
ketika dia mau belajar mau mengerti bahwa ini bagian dari sebuah proses yang
harus dihadapi.
Apa
Bermasalah?
Nah,
yang menjadi masalah ketika anda tidak mau menerima profesi anda sebagai
seorang guru. Baik anda guru betulan maupun anda guru kebetulan ketika anda
menerima profesi anda ini sebagai bagian dari sebuah pilihan dan mau
memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan menyenangkan, menginspirasi anak
didik, anda mencintai ilmu yang anda sampaikan maka sesungguhnya guru betulan
maupun guru kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang
mencintai profesinya. Guru betulan tak berarti jika tidak mau belajar,
asal-asalan jika menyampaikan materi,apalagi menyesali profesinya.
Bagaimana
cara menjadi guru yang dicintai. Guru yang dirindukan guru yang akhirnya
diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun, karena anda adalah
kurikulum yang sesungguhnya. Apapun yang anda bawa, murid anda akan mencintai
manakala dia menyukai anda. . Guru yang menginspirasi dan guru yang
menyenangkan pembelajaran apapun yang anda berikan. Anda adalah kurikulumnya,
karena anda adalah guru yang menyenangkan dan diizinkan kehadirannya.
B. Jenis Guru Berdasarkan Kinerja
1. Guru nyasar
Guru
nyasar adalah guru yang tidak mempunyai tujuan, tidak mempunyai
arah, dan guru yang menyesatkan yang menjadikan siswanya bisa
membenci ilmu yang diajarkan. Guru nyasar tidak memiliki energi, sehingga guru
nyasar membuat murid-muridnya merasakan, bahwa jam dinding lambat berputarnya.
Guru nyasar adalah guru yang sangat tidak dirindukan kehadirannya. Guru nyasar
mengajarnya menjenuhkan. Guru nyasar ngajarnya yang monoton. Karena itu guru
nyasar segeralah mengundurkan diri, karena guru nyasar akan banyak memakan
korban. Yaitu korban anak-anak yang tidak mau belajar dan membenci ilmu yang
diajarkan.
2. Guru bayar
Guru
bayar adalah guru yang on-of. Kadang menggembirakan dan kadang menyedihkan.
Energinya selalu berkaitan dengan finansianal, mengajar selalu dikaitkan
berdasarkan uang, tidak konsisten. Kadang-kadang berwajah ceria, kadang-kadang
berwajah muram. Kalau tanggal muda, cerah dan ceria karena gajian dan uang
sertifikasi turun. Kalau tanggal tua bermuka muram karena serba kekurangan.
Karena itu lebih baik anda segera sadar dan kembali kejalan yang benar.
3. Guru sadar
Guru
yang kehadirannya sangat dinantikan ditunggu dan dirindukan. Karena anak
mencintai dirinya, keilmuananya sangat dirindukan, mencintai materi yang
diajarkan. Kehadiran dan kepergiannya dirindukan. Sewaktu mengajar, anak-anak
merasakan bahwa jam dinding terasa cepat berputarnya. Guru sadar adalah
konektor kebaikan. Guru sadar adalah
konektor keilmuan. Guru yang sadar adalah guru yang bisa
menginspirasi perserta dudiknya. Guru sadar sangat dirindukan dan diiizinkan
kehadirannnya karena anak mencintai. Guru sadar adalah guru yang bisa
menggerakkan peserta didiknya. Guru sadar kalau meninggal akan
selalu dikenang, dan ilmunya akan menjadi amal zariah yang terus mengalir.
C. Empat Peran Guru
1. Mengajar
Terkadang
kita lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajar, memindahkan keilmuan yang
ada di otak kita ke otak murid. Kita memindahkan kurikulum yang ada
ke pikiran anak-anak kita. Jadi kalau guru hanya sekedar mengajar, maka anda
akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini, melalui media online. Mereka
bisa belajar dari YouTube bahkan sekarang sudah ada kelas-kelas online yang
memungkinkan murid Anda bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru.
2. Mendidik
Saya
ingin Anda masuk ke zona berikutnya yaitu mendidik. Bagaimana
seorang guru mendidik, tentu guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh.
Guru sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu digugu dan ditiru. Diharapkan ketika
Anda masuk ke ranah mendidik maka anda bisa memasukkan
nilai-nilai, norma-norma baik yang bisa dijalankan oleh anak didik
kita. Dalam keseharian seperti kedisiplinan kejujuran, bisa dipercaya, berbagi
bekerja, berkomunikasi, memudahkan urusan orang lain. Menolong membantu itulah
pola-pola yang bisa dimasukkan ketika anda mendidik, dan anda bisa masuk lewat
pembelajaran apapun. Mungkin anda adalah guru matematika, anda bisa
mengajarkan tentang kejujuran dan kedisiplinan. Mungkin anda adalah guru IPA
bisa mengajarkan tentang bagaimana mereka bersyukur, bagaimana mereka mampu
berinteraksi, bagaimana mereka mampu menjaga. Dan ternyata guru yang mampu
mendidik adalah guru yang menginspirasi
3. Menginspirasi
Guru
yang mampu menginspirasi, kenapa karena dari apa yang ada di hati dia, akan
menjadikan anda menjadi bagian dari history, bagian dari sejarah mereka dan
bukan hanya sekedar bagian dari story ataupun cerita. Anda adalah sosok yang
menginspirasi mereka ketika anda mampu menunjukkan energi anda, mampu
menunjukkan keteladanan anda, mampu menunjukkan bahwa anda sepenuh
hati maka anda adalah inspirator bagi mereka. Anda motivator bagi
mereka dan akhirnya ada mampu menggerakkan mereka untuk mengerjakan apa yang
Anda sarankan
4. Menggerakkan
Guru
yang mampu menggerakkan mereka menjalankan apa yang di harapkan. Jadi sekali
lagi guru yang hebat adalah guru yang tidak sekedar mengajar tapi dia juga
mampu mendidik, menginspirasi dan menggerakkan.
D. Lima Langkah Mengajar Gaya Motivator
Berikutnya
Pak Aris menguraikan, ada lima langkah yang bisa anda praktekkan untuk mengajar
gaya motivator. Dan silakan Anda praktekkan 5 langkah ini, maka dengan
langkah-langkah ini diharapkan anda mampu menjadi guru yang
dicintai. Guru yang dirindukan, guru yang menginspirasi dan guru
yang menjadikan murid-murid anda mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda
bawakan.
Pak
Aris Masih banyak memberikan materi lain dan beliau menyarankan membuka link
berikut: 5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....
Silahkan
lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta
1.https://youtu.be/UAZ02bxlzyM Bahasa
cinta APRESIASI.
2.https://youtu.be/39raqyvipcE Bahasa
Cinta KOMITMEN dan Keteladanan.
3.https://youtu.be/AdXLTi1-pPs Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA. 4.https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL 5.https://youtu.be/xVBnh4TsPgw Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
3.https://youtu.be/AdXLTi1-pPs Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA. 4.https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL 5.https://youtu.be/xVBnh4TsPgw Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar